Pasangan hidup untuk selamannya







Pasangan hidup.

Bicara tentang pasangan hidup untuk selamanya, kayanya pas untuk seseorang yang sudah siap untuk berkomitmen untuk hanya mencintai satu orang aja, untuk selama hidupnya. Apalagi buat seseorang yang memutuskan untuk menikah.. :), Allamdullilah, buat indah, itu adalah hal yang sudah akan indah laksanakan dan diamalkan. Mengingat sudah saatnya indah buat kehidupan baru sendiri, dan sudah pantas untuk tidak lagi jadi tanggung jawab orang tua, yang memang sudah cukup lama indah jadi tanggung jawabnya, untuk membesarkan indah.

Mungkin seseorang yang memutuskan untuk menikah, berarti harus sudah siap meninggalkan semua kebiasaan dan lingkungan yang hanya mementingkan diri sendiri, teman dan sahabat. Beda dengan kita sudah berada dalam kehidupan "berkeluarga".

Banyak cerita dan pengalaman dari banyak orang, pada saat dia memutuskan untuk menikah, dan mencari pasangan hidupnya, ada yang mendapatkan pasangan hidupnya, setelah dia berhubungan dengan banyak tipe laki-laki, ada yang memutuskan menikah dengan sahabatnya sendiri, ada yang memutuskan menikah dari pilihan orang tua, ada yang menikah dengan teman waktu kecilnya, ada juga yang memutuskan untuk memilih pasangan hidupnya dari teman yang dulu dia benci. Itu semua bisa terjadi, karena kita sendiri yang memutuskan dan siap untuk memilih pasangan hidup kita selamanya.

Indah mengutip dari nara sumber, mengenai kriteria memilih suami menurut ISLAM, semoga bisa jadi pandangan buat semua:
1. Islam
Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

… dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita Mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang Mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke Surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.” (QS. Al Baqarah : 221)

Ini adalah kriteria yang sangat penting bagi seorang Muslimah dalam memilih calon suami sebab dengan Islamlah satu-satunya jalan yang menjadikan kita selamat dunia dan akhirat kelak.
2. Berilmu dan baik akhlaknya
Masa depan kehidupan suami-istri erat kaitannya dengan memilih suami, maka Islam memberi anjuran agar memilih akhlak yang baik, shalih, dan taat beragama.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :
“Apabila kamu sekalian didatangi oleh seseorang yang Dien dan akhlaknya kamu ridhai maka kawinkanlah ia. Jika kamu sekalian tidak melaksanakannya maka akan terjadi fitnah di muka bumi ini dan tersebarlah kerusakan.” (HR. At Tirmidzi)
Sebagaimana firman Allah Ta’ala :
“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu dan orang-orang yang layak (nikah) dan hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An Nur : 32)

Sehubungan dengan memilih calon suami untuk anak perempuan berdasarkan ketakwaannya, Al Hasan bin Ali rahimahullah pernah berkata pada seorang laki-laki :
“Kawinkanlah puterimu dengan laki-laki yang bertakwa sebab jika laki-laki itu mencintainya maka dia akan memuliakannya, dan jika tidak menyukainya maka dia tidak akan mendzaliminya.”
Laki-laki yang memilki keistimewaan adalah laki-laki yang mempunyai ketakwaan dan keshalihan akhlak. Dia mengetahui hukum-hukum Allah tentang bagaimana memperlakukan istri, berbuat baik kepadanya, dan menjaga kehormatan dirinya serta agamanya, sehingga dengan demikian ia akan dapat menjalankan kewajibannya secara sempurna di dalam membina keluarga dan menjalankan kewajiban-kewajibannya sebagai suami, mendidik anak-anak, menegakkan kemuliaan, dan menjamin kebutuhan-kebutuhan rumah tangga dengan tenaga dan nafkah.

Demikianlah ajaran Islam dalam memilih calon pasangan hidup. Betapa sempurnanya Islam dalam menuntun umat disetiap langkah amalannya dengan tuntunan yang baik agar selamat dalam kehidupan dunia dan akhiratnya. Wallahu A’lam Bis Shawab.
NB: I love u honey... ((H+K))

















  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar: